4 Tips Menjadi Orang Tua Membanggakan. Mau Tahu?

4 Tips Menjadi Orang Tua Membanggakan. Mau Tahu?

Pernahkah berpikir untuk menjadi orang tua membanggakan? Bukan bangga karena orang tuanya banyak uang, sukses, atau bekerja di perusahaan ternama. Misalnya, orang tua mungkin bekerja sebagai karyawan biasa aja. Namun di sela jadwal pekerjaan yang padat, Mama dan Papa mampu menyisihkan waktu setiap hari untuk berbagi kasih sayang dan perhatian dengan anak-anak. Ini sangat membanggakan anak juga lho, dibandingkan orang tua yang memiliki pekerjaan hebat, namun tidak punya waktu untuk anak. Anak akan sulit bangga karena ada kesenjangan hubungan emosional.

4 Tips Menjadi Orang Tua Membanggakan. Mau Tahu?
Image: Pexels

Kenapa membuat anak bangga pada kita menjadi penting? Karena, ketika anak merasa bangga kepada orang tuanya, maka hubungan antara anak dan orang tua menjadi lebih positif, serta hangat. Dan jangan lupa, anak juga belajar tentang perannya ketika dewasa nanti dari orang dewasa di sekitarnya, terutama orang tua. Kalau anak bangga dan juga mengidolakan orang tuanya, kemungkinan besar anak akan menjadikan kita role model untuk kehidupannya kelak. Yuk, simak beberapa tips untuk menjadi orang tua yang membanggakan bagi anak-anaknya berikut ini.

Memperhatikan kebutuhan anak

Hal paling mudah yang bisa dilakukan adalah dengan selalu menyiapkan sarapan tiap pagi sebelum beraktivitas, mengingatkan barang yang harus anak bawa ke sekolah, menanyakan pekerjaan rumah, dan juga siap mendengarkan cerita anak mengenai pengalamannya di sekolah. Dengan begini anak merasa diperhatikan dan kita juga bisa berperan sebagai orang tua sekaligus sahabat terbaiknya.

Menunjukkan cara menjalani kehidupan yang positif

Nggak perlu bingung, Parents bisa kok memulainya dari hal kecil seperti kebiasaan baik yang bisa dilakukan di rumah, misal ikut membersihkan rumah, menghormati orang yang lebih tua di dalam keluarga, selalu memberikan senyum pada orang lain. Selanjutnya, ajak juga mereka untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, caranya adalah dengan mengikutsertakan mereka dalam berbagai aktivitas seperti kursus, play date, atau sekedar bermain dengan teman komplek saja.

Mengajak anak mengenal profesi orang tua

Siapa yang suka mengajak anaknya ke kantor? Nggak harus setiap hari, mengajaknya ke kantor dua kali sebulan juga nggak masalah. Kegiatan ini bisa membuat anak melihat kegiatan yang dilakukan orang tua sehari-hari saat bekerja. Mereka jadi bisa tahu deh apa yang dikerjakan oleh orang tuanya untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Selain itu, mereka juga bisa paham bahwa untuk mendapatkan sesuatu, maka mereka harus bekerja keras terlebih dahulu. Anak jadi lebih menghargai proses dalam hidup, kan?

Menyediakan waktu bersama anak

Lalu yang paling penting adalah menyediakan waktu kebersamaan dengan anak setiap hari walau sebentar. Yang paling penting, disaat bersama dengan anak, kita menyediakan diri lahir dan bathin khusus untuk anak. Walau hanya 1 jam setiap hari, tapi saat kita menyediakan hati, telinga, memberikan pelukan, kasih sayang dan senyuman paling manis untuk mereka pastj akan sangat berkesan untuk si kecil. Dengan cara seperti ini, walau setiap hari yang dilakukan hanya aktivitas sederhana seperti makan malam bersama, nonton tv bersama, bermain bersama, menggambar, membacakan cerita, atau sekedar ngobrol-ngobrol saja, pasti akan terekam kesan mendalam bagi buah hati kita.

Selain anak mendapat teladan yang baik, rasa kagum anak terhadap orang tuanya akan semakin membuka komunikasi yang baik antara anak dengan orang tua, sehingga hubungan bertambah erat. Anak belajar cara-cara berinteraksi sosial yang lebih luas terhadap orang lain. Hal ini muncul karena saat anak bangga dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan orang tuanya, ia juga belajar menghargai serta berempati atas peran orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *