Tips Menghadapi Drama ART yang Nggak Balik Pasca Lebaran

drama ART

Drama asisten rumah tangga alias si mbak yang nggak balik lagi setelah lebaran rasanya selalu menjadi topik utama dan ditakuti oleh banyak orang. Rasanya bagai disambar geledek di siang bolong deh kalau mendengar kabar asisten rumah tangga nggak akan kembali lagi usai mudik lebaran kan, Parents? Apalagi kalau nggak pakai izin, tiba-tiba begitu ditanya via WhatsApp “Mba, kok belum balik?” Eh akhirnya ngaku kalau memang nggak bakal kembali lagi untuk bekerja dengan kita. Kesyel! Huhu kita tuh nggak bisa diginiin, Mba~

Disaat-saat genting seperti inilah akhirnya tenaga infal atau asisten pengganti sangat diperlukan. Tapi sayang, imbalan yang diminta juga nggak murah. Sambil menunggu calon asisten rumah tangga baru bisa membantu kita di rumah, sebenarnya ada hal-hal yang bisa kita lakukan dirumah, yaitu: gunakan FAMILY POWER!!! Hihihi.

tips menghadapi drama ART

Iya, kita bisa membagi tugas dengan suami bahkan anak-anak untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga yang mungkin nggak biasanya mereka lakukan. Walau anak-anak masih sangat kecil, kita bisa meminta tolong mereka untuk membantu kita sementara waktu selama si mbak nggak ada. 

Pekerjaan-pekerjaan sederhana seperti memisahkan warna baju kotor, memasukan baju kotor ke mesin cuci, menyapu lantai, menyedot debu, mengepel, mencuci piring plastik, mengelap meja, mengelap kaca, mengelap dapur sampai membersihkan kamar juga kamar mandi bisa dilakukan si kecil, lho. Jangan berharap mereka mengerjakan dengan sempurna sekinclong si mbak, sedikit bantuan dari mereka saja bisa meringankan pekerjaan kita. Nggak papa lah sedikit tidak rapih sementara waktu. Atau untuk perfectionist mama bisa tinggal memberikan finishing touch untuk merapikan pekerjaan anak-anak yg pastinya nggak akan sempurna.

Supaya anak-anak lebih semangat, buatlah chart tugas harian yang apabila mereka melakukan sesuai waktu yang ditentukan, mereka akan mendapatkan imbalan sesuai dengan keinginan mereka. Imbalan bisa berupa ice cream, pudding, minuman kesukaan, nonton bioskop, movie night seru bersama di rumah, atau apa saja. Anak-anak pasti happy banget, deh! Hitung-hitung sambil mengisi liburan yang panjang, kan.

Semoga tips ini bermanfaat yah. Saya ikut doain deh supaya cepat-cepat mendapat rejeki asisten rumah tangga yang betah lama di rumah kita. AAMIIN KENCENG!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *