Orang Tua Bermesraan di Depan Anak, Yes or No?

pengaruh bermesraan di depan anak

Orang tua bermesraan di depan anak? Hmm….

Pernah suatu ketika instagram saya heboh. Waktu itu saya memposting foto keluarga, saya dan suami berpose mesra saling mencium sementara anak-anak sedang melihat kami. Seketika pro dan kontra ramai membanjiri kolom komen di Instagram saya. Banyak sekali yang merasa adegan mesra seperti itu tidak pantas dilihat oleh anak-anak. Sementara saya punya pemikiran berbeda.

Bermesraan dengan pasangan didepan anak justru memberikan manfaat yang kelak akan berguna bagi anak untuk pertumbuhan psikologisnya. Anak bukan hanya merasa nyaman, tapi juga merasa aman ketika melihat orang tuanya saling menyayangi, mencintai, dan saling menikmati keberadaan satu dengan lainnya. Apabila anak melihat kita memperlakukan pasangan penuh dengan kasih sayang, sesungguhnya anak juga belajar memperlakukan pasangannya kelak. Untuk itu kita perlu sengaja memperlihatkan kepada anak perilaku saling menghargai, saling menghormati dan tentunya saling menyayangi.

Meskipun orang tua bermesraan di depan anak memberikan banyak manfaat, namun tentunya ada batasan-batasan yang tak boleh dilanggar oleh pasangan dalam menunjukkan rasa cinta di depan buah hati. Anak tidak boleh melihat adegan seksual dan intim dalam bentuk apapun. Baik itu visual, suara, atau dalam bentuk kata-kata dan lelucon yang dilempar oleh orang tua. Paparan semacam ini justru akan merusak perkembangan mental mereka.

pengaruh orang tua bermesraan di depan anak
Image: Pexels

Tunjukkan kepada anak-anak rasa sayang kita pada pasangan dengan saling memberikan panggilan sayang misalnya, saling berpegangan tangan, saling merangkul, bersandar di bahu, saling membawakan makanan favorit, bicara dengan tersenyum, mencium kening, mencium pipi, bahkan memberikan kecupan di bibir masih bisa kita tunjukkan kepada anak-anak. Asalkan tidak disertai dengan gairah, bentuk kemesraan dengan pasangan justru memberikan dampak luar bisa bagi anak-anak. Jangan lupa ajarkan juga kepada anak-anak bahwa menemani makan, bercerita, dan saling menyediakan waktu untuk bersama juga bagian dari ungkapan kasih sayang. Agar anak-anak tau bahwa hal sederhana tersebut juga mengandung banyak cinta.

Jadi, jangan takut menunjukkan kemesraan kita dengan pasangan di depan anak. Untuk anak yang usianya masih kecil, mungkin akan menangkap suasana nyaman juga aman di dalam keluarganya dan akan membangun perkembangan psikologis yang lebih matang. Namun ketika mereka bertumbuh remaja, akan memaknai pesan-pesan yang tersembunyi secara lebih mendalam. So, bukan dosa besar kok saat orang tua bermesraan di depan anak-anaknya. Hihihi…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *