10 Manfaat Dongeng Sebelum Tidur Bagi Perkembangan Si Kecil

manfaat dongeng sebelum tidur
Kalau boleh tahu, orang tua zaman sekarang yang masih punya anak balita masih suka membacakan dongeng sebelum tidur buat anak nggak sih? Walaupun kelihatannya jadul banget, tapi berbagai penelitian menyatakan bahwa membacakan cerita sebelum tidur punya banyak sekali manfaat untuk anak-anak, lho.

manfaat dongeng sebelum tidur

Waktu yang perlu disiapkan orang tua juga nggak lama kok, cukup paling tidak 15 menit saja. Kalau saya di rumah sih  kisah yang diceritakan ngarang saja suka-suka hati, atau sesuai keperluan. Tapi untuk orang tua yang bingung ingin menceritakan apa, bisa membacakan buku cerita, atau bisa juga browsing dulu kira-kira cerita apa yang mau disampaikan untuk anak. Gampang, kan? Dari aktivitas sederhana ini, manfaat yang bisa didapat anak beraneka ragam lho.
  1. Yang pasti sih dongeng sebelum tidur membangkitkan imajinasi anak. Buat kids zaman now yang sering disajikan banyak hal secara visual lewat tv dan gadget lain ,dongeng sebelum tidur bisa jadi salah satu alternatif untuk merangsang imajinasinya. Ia bisa membayangkan sendiri seperti apa tokoh didalam dongeng, sampai dengan situasi yang terjadi.
  2. Kita juga bisa mengajak anak berkreatifitas dalam menyelesaikan permasalahan dalam dongeng tersebut. Jadi si kecil juga bisa terlatih menyelesaikan masalah disekitarnya dengan baik.
  3. Dengan begini, otomatis otak anak juga terstimulasi kan. Bayangin deh, berapa pertanyaan yang bakal muncul di kepalanya ketika orang tua menceritakan tentang karakter tokoh, tempat antah berantah yang diceritakan, hingga adegan yang terjadi yang bisa dibuat berbeda dari yang pernah dilihat selama ini.
  4. Kalau orang tua memilih bercerita dengan menggunakan buku, ini bisa melatih anak untuk lebih menyukai membaca buku kelak dikemudian hari.
  5. Bercerita dengan buku juga bisa melatih anak mengenal huruf, angka, warna, dan juga perbendaharaan kata baru.
  6. Nah, belakangan banyak orang tua sering mengeluh kesulitan menyaring tontonan anak karena tidak sedikit tontonan yang memberikan pengaruh negatif terhadap perilaku anak. Nah lewat dongeng sebelum tidur, orang tua bisa memberikan nilai-nilai positif kepada anak dengan cara yang menyenangkan agar anak menerima informasi yang seimbang.
  7. Lewat cerita atau dongeng sebelum tidur, orang tua bisa menyampaikan pesan-pesan yang terkadang sulit untuk disampaikan. Misalnya seputar sex education.
  8. Jadi lewat dongeng sebelum  tidur bisa membantu orang tua untuk membentuk karakter anak.
  9. Selain itu, dongeng sebelum tidur juga merupakan pengantar tidur yang menyenangkan bagi anak. Setelah seharian lelah beraktifitas, dongeng sebelum tidur merupakan relaksasi untuk anak menuju tidur lelapnya yang berkualitas.
  10. Dan yang terpenting, dongeng sebelum tidur menciptakan momen berharga antara orang tua dengan anak. Bukan hanya mempererat hubungan secara fisik saja, dongeng sebelum tidur juga mampu mempererat hubungan emosional orang tua dengan anaknya. Karena pada akhirnya, yang paling berharga yang bisa kita berikan kepada si kecil saat ia dewasa adalah memori indah. Yang juga bisa tercipta saat kita mengantarkan tidurnya dengan membacakan dongeng sambil membelai dan memeluknya erat.
So,yuk siapin buku dongeng menarik buat kita bacain ke anak sebelum tidur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *