Dampak Negatif Bermain Gadget Pada Ibu Menyusui, Penasaran?

dampak negatif bermain gadget

Kalau sudah ngomongin soal dampak negatif bermain gadget, saya jadi ingat gimana kesalnya kalau lihat anak remaja saya main gadget melulu. Kalau nggak chatting, liat media sosial, atau nonton YouTube. Tapi kalau dipikir-pikir kan sebenernya sama aja ya sama kita, orang tuanya. Susah banget deh rasanya mau melepaskan diri dari gadget dan fokus sama kegiatan sehari-hari. Di era serba canggih ini semua orang dengan segala usia nggak bisa lepas dari gadget. Tak terkecuali ibu menyusui.

Nah, menyusui kan membutuhkan waktu yang cukup lama tuh. Seingat saya, bisa 30 menit sampai 1 jam setiap kali menyusui saya harus duduk manis menanti si bayi gemes merasa kenyang. Ini membuat ibu tergoda mengambil gadget untuk mengisi waktu mengusir rasa jenuh. Tapi hati-hati lho, ternyata menyusui sambil bermain gadget memberikan dampak buruk bagi si bayi. Jangankan bayi, orang dewasa juga bisa terkena paparan radiasi yang dihasilkan gadget kita dan berdampak pada ketahanan tubuh dan juga bisa mempengaruhi sel otak. Hiiiii, serem!

Bukan hanya itu sih, menyusui sesungguhnya adalah waktu yang sangat tepat untuk berinteraksi dengan si bayi. Walaupun bayi sepertinya belum mengerti apa-apa, ternyata interaksi sederhana seperti menatap mata bayi, mengajaknya bicara atau bernyanyi, memberikan sentuhan-sentuhan lembut ketika menyusui memberikan manfaat yang luar biasa untuk anak kita. Disinilah kita memiliki kesempatam untuk memberikan stimulasi-stimulasi awal kepada buah hati kita dan mulai menghindar dari dampak buruk bermain gadget.

Jadi, jangan pernah remehkan kontak mata ketika menyusui. Kontak mata kita dengan sikecil yang sedang menyusui dipercaya membangun pondasi-pondasi awal yang akan mengukuhkan ikatan emosi ibu dengan bayinya. Disaat kita mengusahakan dengan sungguh-sungguh, ikatan emosi ini akan sangat membantu dan juga mempermudah kita dalam mengasuh dan mendidiknya kelak. Termasuk membuka kualitas komunikasi yang baik antara ibu dan anak. Selain itu, ketika ibu dan bayi melakukan kontak mata dan muncul perasaan bahagia, tubuh ibu memproduksi hormon oksitosin yang membantu lancarnya proses menyusui.

dampak buruk bermain gadget

Walau tampaknya sederhana, interaksi mesra yang kita lakukan kepada sikecil saat menyusui juga menimbulkan perasaan aman untuk sikecil. Sehingga kelak menjadi modal sikecil untuk percaya diri dalam mengembangkan dirinya karena rasa aman yang sudah dibangun sejak kecil. Tentunya kita ingin anak kita bisa menjadi dirinya yang terbaik, dan orang tua pasti mau melakukan apa saja untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Mulailah dari hal sederhana, menyingkirkan gadget sebentar dan berikan waktu-waktu berkualitas kepada sikecil disaat menyusui. Mengingat masa-masa ini adalah masa emas yang nggak akan terulang lagi sepanjang usianya.

All images: Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *