Cara Mengajarkan Anak untuk Menjaga Kesehatan Sejak Dini

Orang tua seringkali mengajarkan kepada anaknya pentingnya menjaga kesehatan, tapi hal ini pasti akan menjadi tantangan seru untuk orang tua. Karena anak-anak, apalagi yang masih berusia balita, belum mengerti mana yang penting mana yang nggak penting. Prinsip hidup anak kan sederhana, kalau enak dijalani, kalau nggak enak ya nggak dijalani. Jadi, kalau kita ingin anak-anak ikut menjaga kesehatan badannya, kita harus menciptakan kesan bahwa sehat itu enak, dan sakit itu nggak enak.

Image: Pexels

Sementara biasanya justru terbalik. Orang tua seringkali terlalu over service pada anak ketika mereka sakit. Karena nggak tega melihat si kecil yang biasanya ceria tiba-tiba terkulai lemas diatas tempat tidur, membuat kita membanjiri anak dengan berbagai hal yang menyenangkan demi kembali melihatnya tersenyum. Hayoooo, siapa yang sering membelikan banyak makanan enak sampai membelikan mainan baru ketika anak sakit?

Saat anak sakit, orang tua dengan suka rela menggendong anak dan memeluknya seharian, kadang sampai rela ambil cuti untuk ibu yang bekerja. Hal ini justru membuat anak berpikir bahwa sakit itu enak. Bisa meminta apa saja yang dimau, plus dapat bonus ibu seharian ada disampingnya.  Sehingga tercetus ide untuk berpura-pura sakit demi menghindari tanggung jawabnya sehari-hari. Untuk anak yang lebih besar, biasanya mulai pura-pura sakit supaya bisa bolos sekolah, hehehe.

Image: Pexels

Untuk itu, kalau Si Kecil sakit, kita sebagai orang tua harus mulai belajar untuk tidak cepat panik. Agar bisa memberi perhatian yang pas saja pada hal-hal yang memang berkaitan dengan sakitnya. Apabila ia hanya batuk pilek, kan nggak perlu digendong kalau mau pipis ke toilet. Jadi untuk kegiatan lain yang masih bisa ia jalani walaupun sedang sakit, biarkanlah berjalan seperti biasa. Pastikan Si Kecil dapat merasakan bahwa sakit itu memang nggak enak. Supaya akhirnya ia berusaha untuk terus sehat dibanding harus sakit. Apabila ia berhasil merasakan bahwa sakit itu memang nggak enak, ia akan lebih bersedia untuk diajak merawat badannya supaya tetap sehat.

Walaupun aktivitas merawat badan mungkin juga terasa sulit untuk anak-anak. Seperti harus menjaga kebersihan, makan makanan sehat, berolah raga, bersih-bersih rumah, dan lain sebagainya. Namun kalau Si Kecil berhasil memaknai bahwa sakit itu nggak enak, ia akan bersedia berjuang untuk terus sehat.

Image: Pexels

Untuk membantu anak merasa bahwa sehat itu enak, saya sering mengajak mereka diskusi tentang banyak hal seru yang bisa dilakukan saat kita dalam kondisi yang sehat. Seringkali juga membacakan buku cerita atau menggambar bersama tentang aktivitas-aktivitas yang menyenangkan yang hanya dapat dilakukan apabila kita dalam kondisi yang sehat. Jangan lupa bahwa kita sebagai orang tua mereka juga berperan sebagai tauladan buat anak-anak. Apabila kita menjalani gaya hidup yang sehat, anak-anak pasti juga akan mengikuti gaya hidup kita. Apalagi kalau kita menjalankannya dengan penuh suka cita.

Image: Pexels

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *