5 Cara Menghadapi Anak Lebih Dekat ke Pengasuh. Mau Tau?

Memiliki anak yang dekat dengan ayah dan ibunya adalah mimpi bagi semua orang tua. Tapi gimana ya kalau mereka lebih dekat sama pengasuhnya? Yuk, simak cara menghadapinya!
Pernah nggak merasa sedih ketika anak lebih dekat ke pengasuh dari pada sama kita? Pasti rata-rata ibu yang punya pengasuh pernah dihinggapi rasa cemburu, deh. Padahal, sadar nggak sih, ketika kita pertama kali menyerahkan anak kita kepada pengasuh, pasti ada rasa khawatir apakah si suster akan menyayangi anak kita seperti kita yang sangat menyayanginya?
anak lebih dekat ke pengasuh
Image: Pexels
Tapi begitu Si Kecil sudah sangat dekat dengan pengasuh, kita mulai merasa cemas, takut Si Kecil jadi lebih sayang sama pengasuhnya dibanding ibunya sendiri. Lho, gimana sih? Serba salah ya, hahaha! Dasar ibu-ibu! Mulai deh, pelan-pelan ada cemburu di hati, apalagi waktu Si Kecil nangis mencari pengasuhnya ketika mulai ngantuk atau lapar. OH, NOOOO!!!!
Terus, gimana cara menghadapi anak yang lebih dekat ke pengasuhnya, ya?
1. Jangan langsung memarahi Si Kecil
anak lebih dekat ke pengasuh
Image: Freepik
Nah, hal yang paling penting dilakukan ketika kita mulai dilanda rasa cemburu dengan pengasuh adalah jangan langsung merespon dengan memarahi Si Kecil, karena mereka yang tidak memahami situasinya akan bingung, kenapa kedekatan dengan pengasuhnya jadi sebuah kesalahan di mata ibunya. Wajar saja sih kalau ibu merasa cemburu kepada pengasuh, cepat-cepat deh telpon teman untuk curhat supaya hati lebih lega dan kepala mulai bisa berpikir dengan jernih.
2. Bersyukur ada bantuan pengasuh
anak lebih dekat ke pengasuh
Image: Pexels
Sebenarnya kalau dipikir-pikir mustinya kita merasa beruntung karena Si Kecil punya orang dewasa yang mencintainya selain sang ibu. Mulailah bersyukur dengan kehadiran pengasuh yang membantu menjaga mereka, karena sesungguhnya ketika Si Kecil merasa nyaman dengan pengasuhnya, bukan berarti ia lebih mencintai pengasuhnya kok dari pada ibunya sendiri. Well, bersyukur adalah KOENTJI!
3. Atur porsi pengasuhan
tips mengatasi anak tantrum
Image: Pixabay
Namun kita juga mulai perlu memikirkan apakah kita sudah memberikan porsi pengasuhan yang terlalu besar kepada pengasuh sehingga membangun bonding antara Si Kecil dan pengasuh yang sangat mendalam? Sayapun pernah merasa terlena dengan adanya pengasuh di rumah. Memang enak banget sih, saya merasa bisa lebih leluasa mengurus berbagai tanggung jawab lain tanpa gangguan Si Kecil. Jadi, tanpa saya sadari saya sudah memberikan porsi pengasuhan yang terlalu besar kepada pengasuh anak-anak. Ya wajar saja jika Si Kecil jadi lebih dekat ke pengasuh yang lebih sering menemaninya.
4. Perbanyak waktu bersama Si Kecil
anak lebih dekat ke pengasuh
Image: Pexels
Cara paling instan untuk kembali menjalin kembali kedekatan dengan Si Kecil yang lebih dekat dengan pengasuhnya adalah dengan memperbanyak waktu bermain dengannya di tengah kesibukan kita bekerja. Buatlah permainan yang melibatkan perasaan yang sarat dengan sentuhan juga pelukan. Lepaskan dulu segala permasalahan yang membebani pikiran kita agar kita bisa fokus untuk  bersenang-senang dengan Si Kecil. Setelah itu kita harus mulai berpikir untuk membagi waktu agar kebersamaan dengan mereka lebih banyak ketika kita sedang dirumah.
5. Berikan waktu istirahat untuk si pengasuh
anak lebih dekat ke pengasuh
Image: Pexels
Berikan pengasuh waktu beristirahat lebih banyak saat kita sedang bersama si kecil. Boleh tuh sering-sering memberikan cuti kepada pengasuh disaat weekend untuk memperbanyak interaksi kita dengan anak kita. Dan, yang perlu selalu kita ingat adalah, bahwa posisi pengasuh sesungguhnya hanya untuk membantu kita, bukan menggantikan peran kita sebagai orang tua.
Semoga beberapa cara di atas bermanfaat dan kita nggak perlu galau lagi gara-gara anak lebih dekat ke pengasuh deh ya, Moms!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *